Mengenal Musisi Jazz pada Skala Internasional

Dalam dunia bermusik, memang jenis musik Jazz ini yang paling banyak digandrungi dalam beberapa waktu. Seperti halnya Tompi lalu Sandy Sandoro sudah masuk menjadi musisi Jazz yang paling terkenal di dunia melalui lagu-lagu yang dinyanyikannya sampai detik ini tidak membosankan. 

Tepatnya di tahun 2017 silam, Indonesia sempat kedatangan tamu besar yakni para Musisi Jazz Internasional dalam sebuah acara yakni Java Jazz Festival – 3 hingga 5 Maret 2017 di Jakarta Pusat. Namun diantara kehadiran dari pada musisi Jazz Internasional ini, tahukah atau kenalkah kalian siapa saja pemusik Jazz Internasional tersebut ? jika belum, maka disini kami akan beritahukan beberapa Musisi Jazz Internasional yang mana memiliki pengaruh jelas terhadap perkembangan dari dunia Jaz itu sendiri ? … 

Musisi Jazz Internasional : Louis Amstrong 

Louis Amstrong – adalah seorang musisi mpo slot yang lahir di New Orleans, Amerika Serikat sejak tanggal 4 Agustus tahun 1901 silam. Dirinya sudah meninggal sejak tanggal 6 Juli tahun 1971 silam di kawasan Queens yakni New York City – Amerika Serikat. 

Louis Amstrong sendiri adalah seorang penyanyi, komposer dan juga seorang solois terompet Music Jazz yang mendapatkan beberapa macam julukan dengan salah satunya adalah Satchel Mouth yang dikarenakan dirinya ini memiliki mulut yang super duper lebar. Beliau ini adalah salah satu tokoh paling penting dan paling sangat berpengaruh di dalam dunia musik Jazz dan menjadi tokoh terkenal sebagai inventif Terompet, lalu pemain cornet serta ditambah langsung dengan adanya suara besar yang menjadi ciri khas mereka sendiri. 

Dirinya sendiri pernah bergabung langsung dengan Band Olver yang merupakan Grup Band Jazz dan sangat amat berpengaruh di Chicago. Permainan terompet serta Inovasi dari Vocal Louis Amstrong ini sudah digunakan sebagai dasar untuk seni Jazz Interpretasi Vocal dan warna suara yang dimilikinya ini unik dengan suaranya yang menjadi sebuah pola dasar pada musik Jazz dan juga sudah banyak untuk dicontoh langsung oleh musisi Jazz yang lainnya. 

Musisi Jazz Internasional : John Coltrane 

Memiliki nama asli John William Coltrane atau orang-orang lebih mengenalnya dengan nama John Coltrane ini adalah seorang komposer yang berkebangsaan Amerika Serikat sebagai pemain Saksofon yang telah 

Lahir di Hamlet, tepatnya di North California pada tanggal 23 September tahun 1926 silam. Dirinya juga sudah meninggal sejak tanggal 17 Juli tahun 1967 di kawasan Huntington, California Utara negara Amerika Serikat. 

John Coltrane untuk pertama kalinya memiliki saksofon itu sendiri ketika diberikan oleh ibunya dari tahun 1943 silam dan dirinya mulai bermain secara profesional pada tahun 1945 dengan membawakan lagu Cocktail Lounge Trio. dirinya ini adalah musisi yang sudah membantu dalam merintis penggunaan mode Jazz dan juga sudah menjadi tokoh terdepan music Free Jazz. selama masa karirnya ini di tahun 1946 silam, Coltrane sendiri juga sudah berhasil dalam mendapatkan adanya penghargaan termasuk juga Kanonisasi oleh gereja ortodoks Afrika sebagai Saint John William Coltrane Khusus Pulitzer Price. 

Musisi Jazz Internasional : Miles Davis  

Nama asli dari musisi ini adalah Miles Davis Dewey lll dan jauh lebih dikenal dengan panggilannya sebagai Miles Davis. Dirinya ini adalah pemain terompet musisi Jazz yakni dari Amerika Serikat kelahiran tanggal 26 Mei tahun 1926 silam dan telah meninggal dunia pada tanggal 28 September tahun 1991 yang berada di Santa Monica, California – Amerika Serikat. 

Miles Davis ini sendiri seorang musisi Jazz yang memang memiliki pengaruh pada perkembangan musik Jazz itu sendiri di abad ke 20. Miles sendiri adalah salah satu musisi yang paling inovatif dan dia sendiri adalah salah satu kelompok Musik Jazz yang berada langsung di barisan terdepan dalam perkembangan music Jazz yang sudah termasuk Bebop, Cool Jazz, Hard Bop, lalu Model Jazz, Post Bop dan terakhir adalah Jazz Fusion. 

Miles Davis ini sendiri sudah diakui langsung sebagai salah satu dari kunci dalam sejarah Jazz yang ada di Rock and Roll Hall of Fame pada tahun 2006 silam dan juga sudah meraih penghargaan dari RIAA melalui album nya yang sudah bersertifikasi. Album ini sendiri juga sudah diakui langsung sebagai harta Nasional oleh DPR Amerika Serikat. 

Banyak sudah musisi-musisi terkenal serta kelompok music dari berbagai macam genre musik yang sudah dipengaruhi oleh Miles Davis yang diantaranya adalah pemain Saksofon Gerry Mulligan, John Coltrane, lalu Cannonball Adderley, George Coleman dan masih banyak lagi yang lainnya. 

Musisi Jazz Internasional : Gil Evans 

Terlahir dengan nama lengkapnya sebagai Ian Gilmore Ernest atau yang dikenal langsung dengan nama Gil Evans. Dimana Pianists Jazz asal Canada ini juga sebagai arranger, lalu komposer dan juga pemimpin band. Terlahir langsung di Toronto, Kanada pada tanggal 13 Mei tahun 1912 dan juga sudah meninggal pada tanggal 20 Mei tahun 1988 yang ada di kawasan Cuernavaca – Meksiko. 

Gil Evans sendiri juga seorang musisi Jazz yang memiliki peran penting di dalam perkembangan Cool Jazz, lalu Modal Jazz, Free Jazz dan juga Jazz Fusion. Selama karir musiknya ini, Gil Evans sendiri sudah berkolaborasi secara efektif dengan Miles Davis pada album kolaborasinya yang berjudul langsung Miles Ahead, Porgy and Bess sampai dengan Sketches of Spam. 

Salah satu perannya di dalam perkembangan musik Jazz sendiri bahwa dia juga sudah termasuk sebagai salah musisi Jazz yang ikut serta berpartisipasi dalam bentuk pertemuan kelompok musisi Jazz yang sudah membahas langsung untuk nmengembangkan gaya musik baru di luar dari gaya yang jauh lebih Dominan dari Bibop. 

Gil Evans juga sudah mendapatkan langsung beberapa penghargaan diantaranya sendiri adalah pada tahun : 

  • Tahun 1986 dirinya ini sudah dilantik langsung sebagai Down Beat Jazz Hall of Fame. lalu dirinya sendiri mendapatkan adanya Grammy Award hanya untuk Best Jazz Instrumental Performance pada Big Band. 
  • Tahun 1986 silam sudah mendapatkan Grammy Award untuk Best original pada komposisi Jazz dengan adanya Miles Davis pada tahun 1960 silam. 
  • Itu semua sudah menjadi penghargaan terbaik yang dimiliki oleh Gil Evans selama hidupnya. 

Musisi Jazz Internasional : Dizzy Gillespie 

Jadi Dizzy Gillespie sendiri adalah seorang pemain terompet Jazz selain itu, dirinya sendiri juga sebagai pemimpin band, lalu komponis dan juga penyanyi Jazz yang berkebangsaan Amerika serta terlahir di Cherow – California Selatan sejak tanggal 21 Oktober tahun 1917 dan juga sudah meninggal pada tanggal 6 Januari tahun 1993 di Englewood – New Jersey yang ada di Amerika Serikat. 

Bersama dengan Charlie Parker, dirinya ini sudah memainkan peran yang sangat amat penting dalam sejarah dari perkembangan musik Jazz dan juga merupakan salah satu pemeran Afos – Cuban Jazz. dan dalam penguasaannya sendiri bermain terompet yakni Dizzy Gillespie yang sungguh sangat luar biasa, beliau sendiri dapat menguasai permainan terompetnya secara menyeluruh sehingga bisa dapat dengan mudah untuk melakukan Improvisasi dan juga bisa dengan mudah untuk bisa menambahkan lapisan-lapisan harmoni yang sudah sangat amat kompleks di dalam memainkan terompet nya tersebut. 

Improvisasi permainan terompetnya sendiri merupakan hal yang baru dan juga sebelumnya belum terjadi di dalam dunia Jazz. Dizzy Gillespie sendiri untuk pertama kalinya melakukan sebuah pekerjaan profesional pada saat bergabung dengan adanya Frank Fairfax Orchestra. 

Dan semuanya ini benar-benar menjadi musisi Internasional ternama yang ada di dunia. Semoga bisa benar-benar menambah informasi bagi kalian.