Perkembangan Musik POP di Indonesia

Dimulai langsung dari perang dunia ke 1 yakni dari tahun 1918. Pada saat itu adanya penduduk Amerika Serikat mulai untuk menggemari adanya musik pasca 2 tahun terjadinya perang dunia ke 1 ini. Semua ini telah berasal langsung dari penemuan Thomas Edison yang kemudian istilah dari POP ini mulai saja dicetuskan untuk pertama kalinya oleh pengamat seni rupa yang berkebangsaan Inggris yakni seseorang yang bernama Lawrence Alloway. Dalam artian lain, musik POP ini sendiri sudah berasal dari kata Populer dan Komersial. Maka tidaklah heran jika memang musik ini banyak memiliki peminatnya sampai dengan saat ini. 

Melalui sebuah gerakan, POP ini sudah dimaksudkan sebagai bumbu penyedap hanya untuk mendobrak langsung pandangan demi pandangan lama dari seiringnya berjalan perkembangan zaman. Munculnya musik POP ini semakin lama semakin digemari di seluruh dunia dengan adanya perpaduan dari irama yang ada seperti halnya Rhumba, Samba, Colunga, Mambo dan beberapa jenis lainnya lagi yang dimulai sejak tahun 1940 silam. Dengan hanya bermodalkan dari musik yang easy listening ini, musik POP sendiri bisa sekali ditunjang oleh penggunaan berupa teknologi dan juga tidak hanya terbataskan pada satu aliran tertentu saja. Seperti contoh : Nada dari proses mixing atau gitar listrik ini dapat sangat bervariasi. 

Musik POP ini juga banyak dipahami secara komersial oleh banyaknya rekaman musik, karena sudah berorientasi menuju pasara muda dikarenakan lirik dari lagunya ini yang jauh relatif sederhana akan tetapi, masih memiliki sebuah pesan yang mendalam. Musik POP ini juga sudah langsung merujuk pada sebuah genre musik yang mana memiliki daya tarik secara luas dan biasanya si sudah disalurkan langsung ke khalayak melalui dunia industri musik. Berbeda lagi dengan seni Musik Tradisional yang umumnya, penyebaran ini secara akademis saja, lalu ruang lingkupnya jauh lebih kecil hingga penontonnya kebanyakan lokal. 

Sejarah Munculnya Musik POP di Negara Indonesia 

Awal-awalnya sudah diperkenalkan langsung adanya Grup Band yang cukup terkenal sejak era tahun 70’an. Mungkin ini clue yang sudah kalian ketahui ? pada masa itu memang Koes Ploes lah yang sudah mendongkrak hadirnya genre POP ini. Berkat puluhan lagu yang telah mereka ciptakan, yakni dari adanya Versi POP, POP Jawa, Irama lagu Melayu, Dangdut, POP Anak-anak, Irama Keroncong, Folk Song ( ini saya lebih sering dengar hadir di luar negeri )Hard Beat san beberapa lagu berbahasa Inggris lainnya. 

Hingga nama mereka ini diabadikan sebagai sebuah kelompok musik yang memang paling berpengaruh di Museum Record indonesia atau Museum MURI. pembawaan dari lagu-lagu mereka ini sudah sangat dikenal Sederhana dalam bentuk Syair, Musik bahkan sampai Melodi. 

Apa Bedanya Koes Bersaudara dan Koes Plus?

Mengenal band  yang sudah menjadi kebangkitan dari genre musik POP, tidak selamanya bisa berjalan dengan mulus. Sekitar tahun 1976 nama dari Koes Ploes ini pernah redup, dan saat regenerasi mulai berkembang dan selera masyarakat juga pastinya sudah mulai berubah. Puncaknya sendiri ada di tahun 1978 dimana Koes Ploes ini benar-benar masuk ke tahapan yang melemah. Dan seiring dari berjalannya waktu pada era tahun 70’an ke tahun 80’an musik POP Indonesia ini sudah dihiasi langsung oleh sejumlah kelompok musik seperti halnya Mercy’s, Panbers, D’Lloyd dan pastinya Koes Ploes. 

Setelah menjadi sang legenda untuk musik POP Indonesia ini, maka mulai muncul kelompok-kelompok musik modern seperti halnya Sheila On 7, Gigi, Peterpan yang sudah berubah menjadi NOAH, The Changcuters, serta Padi. dengan mengemasnya pada tampilan berbeda namun, tetap saja masih mengandung unsur populer dengan adanya image musik masing-masing. Begitupun selanjutnya, Musik POP Indonesia ini akan terus meregenerasi dan berkembang dengan mengikuti trend yang ada. 

Mulai Berkembangnya Musik POP Indonesia 

Diawali sejak tahun 1960 silam, band lokal yang ada di dalam negeri ini mulai saja berkreasi dan sudah langsung diprakarsai oleh Band Koes Bersaudara atau Koes Ploes. Ini semua sudah menggantikan adanya musik yang awalnya diisi oleh band dari Malaysia dan juga Singapura. Kemunculan dari Koes Ploes inilah membawa musik Populer dengan mudah untuk bisa dinikmati oleh Masyarakat yang ada di Indonesia. Setelah kepopularitasan yang dimiliki oleh Koes Ploes ini, mulai banyak penyanyi terkenal di Indonesia yang memang dapat dikenal se Asia Tenggara seperti halnya penyanyi : Rossa, Ungu, KD atau Krisdayanti, NOAH, The Changcuters hingga Wali. 

Ciri-Ciri Musik POP Indonesia 

Dilihat dari ciri-cirinya, musik POP ini sebenarnya mudah sekali untuk dibedakan dengan adanya jenis musik lainnya seperti ciri-ciri : 

  1. Memiliki sebuah melodi yang memang sangat mudah untuk bisa dicerna oleh kebanyakan masyarakat yang ada di Indonesia. 
  2. Lagu yang ada mudah sekali untuk dikombinasikan dengan genre musik lainnya dan nantinya mampu dalam menghasilkan genre baru yang jauh lebih segar.
  3. Lirik yang dimiliki akan diisi oleh kata-kata yang sangat sederhana. Jadinya, masyarakat akan jauh lebih paham mengenai lagu tersebut. 
  4. Bahkan terkadang untuk Lagu POP bisa kalian sesuaikan dengan adanya sebuah isu atau tren yang sedang populer sekali di lingkungan masyarakat. 
  5. Jauh lebih memiliki Harmoni yang tidak akan terlalu rumit. Akan tetapi, dalam hal ini jauh memiliki tempo yang cukup bervariasi yang mana akan dimulai dengan tempo lambat sampai dengan tempo yang cepat. 
  6. Umumnya pada genre POP ini akan menggunakan alat musik seperti : Gitar, Bass, Piano, Drum maupun Keyboard juga ikut di dalamnya. 

Jenis-Jenis dari Musik POP di Indonesia 

Ternyata musik POP Indonesia ini memiliki berbagai macam jenis lagi lho di dalamnya yang mencakup ruang lingkup luas, sehingga dalam hal ini masih mampu dikelompokan menjadi beberapa kategori lainnya lagi. Nah masing-masing dari genre ini akan memiliki ciri tersendiri, untuk bisa membedakannya kalian bisa simak uraian pada bacaan yang ada di bawah ini : 

Jenis Musik POP Standar – terkenalnya musik ini dikarenakan melodinya yang sangat sederhana. Selain itu, memiliki lirik lagu yang juga sederhana serta bisa didengar dengan mudah oleh semua masyarakat yang ada di Indonesia. Jenis musik ini dikatakan sangat amat Fleksibel dan mudah untuk di Combain dengan lagu lainnya. 

Jenis Musik POP Kreatif – terkenalnya musik ini dilihat dari kepemilikan ritme, harmoni, melodi dan tentunya sebuah instrumen yang terdengar sangat amat unik. Gaya musik ini sendiri akan berbeda dengan musik POP Standar atau musik POP Kebanyakan di luar sana. Walau musik ini dipadukan dengan jenis musik lainnya, tetap saja masih mudah untuk kalian cerna bahkan masih bisa untuk bergoyang. 

Jenis Musik POP Balada – terkenalnya jenis ini dikarenakan memiliki tempo yang bervariasi. Umumnya sih memiliki lirik yang jauh lebih dalam serta memiliki ekspresif di dalamnya, terkadang bisa membuat orang menjadi sedih, keras bahkan masih ad unsur jenakanya. Dan melodinya sendiri akan dibuat berdasarkan dari lagu tersebut. Semua contoh pada jenis musik ini bisa kalian lihat dari penyanyi Indonesia yakni Iwan Fals, Ebit G. Ade dan penyanyi luar seperti Adelle. 

Legendaris Musik POP Indonesia Kategori Penyanyi Solo 

Bapak Riyanto – Tahun 1943 sampai 1994 memang sudah menjadi salah satu tonggak berdirinya musik POP Indonesia untuk penyanyi solo yang berhasil menerbitkan penyanyi top di era tahun 70 hingga tahun 80’an ke dapur rekaman seperti penyanyi : Tetty Kadi, Ernie Djohan, Rafka Duru dan terakhir adalah penyanyi kesukaan saya yakni Jamal Mirdad. 

Bapak Chica Koeswoyo – Tahun 1968 menjadi generasi ketiga dari Koeswoyo yang mana mampu membuatnya menjadi salah satu pionir yang membuka adanya peluang penyanyi cilik ini sebagai seorang primadona di tahun 70’an. Dan pada zamannya sendiri, lirik lagu anak-anak ini terdengar sangat sederhana dan mudah sekali untuk bisa kalian hafal. 

Bapak Chrisye – Tahun 1949 sampai 2007 nama Chrisye ini sudah mulai terdengar dan masih muda. Dirinya sudah memulai karir sebagai bassist band Gipsy. Dilahirkannya dengan nama asli yakni Christian Rahadi dan menjadi salah satu sosok penyanyi dan juga sekaligus pencipta lagu Indonesia. Banyak sudah lagu Indonesia yang dirilis melalui maha karya tangan Chrisye yang sudah di aransement ulang oleh penyanyi top sampai dengan detik ini.